Jenis Komunikasi

 on Sabtu, 08 November 2014  

Kita mengenal 2 (dua) jenis atau kategori komunikasi.  a.  Komunikasi  lisan  atau  verbal,  yaitu  komunikasi  menggunakan  kata-kata,  baik  hal  itu diucapkan, maupun ditulis.

b.  Komunikasi  nirkata  atau  nonverbal,  yaitu  komunikasi  menggunakan  bahasa  tubuh, bahasa gerak atau gerak isyarat (gesture), atau gambar.

 Berbekal  pengetahuan  jenis  atau  kategori  komunikasi  tersebut,  dapat  dikatakan  bahwa komunikasi adalah perbuatan mentransfer pesan atau informasi dari satu tempat ke tempat lain, baik secara  verbal  atau lisan  (menggunakan suara), tertulis  (menggunakan  barang  cetak  atau media digital seperti buku, majalah, laman, atau surel), maupun secara nirkata atau nonverbal (menggunakan bahasa tubuh, gerak isyarat (gesture), serta tekanan atau tinggi nada suara.

 Kemampuan seseorang berkomunikasi diukur dari seberapa akurat informasi atau pesan yang dikirim  oleh komunikator  (pengirim  informasi)  dapat  diterima  oleh  komunikan  (penerima informasi) dan sebaliknya.

 Hal tersebut juga menjadi ukuran seberapa mahir kita berkomunikasi.Mengasah dan mengembangkan kemahiran berkomunikasi dalam kehidupan keseharian adalah penting, karena dapat membantu keseluruhan aspek perikehidupan kita, baik dalam kehidupan sosial  maupun  kehidupan  profesional.  Kemampuan  mengomunikasikan  pesan  atau  informasi secara jelas, akurat, seperti yang dimaksudkan di atas adalah kecakapan hidup yang sangat vital dan  tak  dapat  diabaikan.

  Jika  Anda  merasa  belum  memilikinya,  jangan  berkecil  hati.  Tak  ada istilah terlambat untuk meningkatkan kemampuan Anda berkomunikasi, karena hal tersebut akan meningkatkan kualitas hidup Anda. Contoh sederhana adalah ketika Anda melamar pekerjaan. Saat itu Anda sudah harus menunjukkan kemahiran Anda berkomunikasi. Mulai dari berbicara secara  jelas,  akurat,  tegas,  tetapi  tetap  menjaga  sopan  santun,  menatap  mata  pewawancara.

  Satu  hal  lagi,  latih  dan  biasakan menyimak  (listen)  dengan  cermat,  tidak  sekadar Mendengarkan (hear), dan menjawab pertanyaan secara cekatan dan cerdas. Tidak tergesa-gesa atau  terburu-buru. Pikirkan terlebih dahulu sebelum Anda mengatakan. Hal-hal itulah yang biasanya dituntut pemberi kerja dari seorang pencari kerja.
Jenis Komunikasi 4.5 5 Jalaniajayuk Sabtu, 08 November 2014 Kita mengenal 2 (dua) jenis atau kategori komunikasi.  a.  Komunikasi  lisan  atau  verbal,  yaitu  komunikasi  menggunakan  kata-kata,  bai...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.