Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring)

 on Sabtu, 08 November 2014  

 Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) 

Setelah  memahami  makna  komunikasi,  sampailah  kita  pada  Komunikasi  Daring.  Istilah Komunikasi  Daring  mengacu  pada  membaca,  menulis,  dan  berkomunikasi  melalui  / menggunakan jaringan komputer. (Warschauer, M. 2001 pp. 207-212)

Dengan  kata  lain,  Komunikasi  Daring  adalah  cara  berkomunikasi  di  mana  penyampaian  dan penerimaan pesan dilakukan dengan atau melalui jaringan Internet. Komunikasi yang terjadi di dunia semu tersebut lazim disebut ko munikasi di dunia maya atau cyberspace.

 Perkembangan pertama komunikasi daring dimulai pada tahun 1960-an, ketika peneliti Amerika mengembangkan  protokol  yang memungkinkan mengirim  dan  menerima  informasi  atau  pesan melalui  komputer  (Hafner  &  Lyon,  1996).  Protokol  tersebut  dinamakan  ARPANET,  yang diluncurkan  pada  tahun  1969,  akhirnya  berkembang  menjadi Internet. Internet berasal  dari interconnected networks yang disingkat menjadi Internetwork, atau Internet, yang digunakan oleh sekitar 200 juta orang di seluruh dunia pada pergantian millennium ke-3.

 Komunikasi daring menjadi mungkin dalam dunia pendidikan pertama kali pada tahun 1980-an, setelah  pengembangan  dan penyebaran  komputer  pribadi atau  PC(personal  computer).  Latar belakang komunikasi daring dalam pembelajaran dan penelitian dapat dibagi menjadi dua periode yang berbeda, ditandai oleh pengenalan komputer sebagai media pendidikan pada tahun 1980-an dan munculnya world wide web pada pertengahan 1990-an.

 Pada  periode  pertama,  sejak  pertengahan  1980-an  para  pendidik  menemukan  potensi  media pendidikan  untuk  pengajaran  bahasa  (Cummins,  1986).  Integrasi  komunikasi  yang  dimediasi komputer di dalam kelas itu sendiri dibagi menjadi dua: yang pertama, beberapa pendidik mulai menggunakan e-mail untuk mengatur pertukaran informasi jarak jauh, dan yang kedua, pendidik mulai  menggunakan  program  perangkat  lunak  sinkron  (Daedalus  Interchange.  Daedalus  Inc, 1989) untuk memungkinkan percakapan komputer antarkelas.

 Komunikasi daring atau komunikasi virtual adalah cara berkomunikasi di mana penyampaian dan penerimaan informasi atau pesan dilakukan dengan menggunakan Internet, atau melalui dunia maya (cyberspace). Komunikasi virtual pada abad ini dapat dilakukan di mana saja serta kapan saja.  Salah  satu  bentuk  komunikasi  virtual  adalah  pada  penggunaan Internet. Internet adalah media komunikasi yang cukup efektif dan efisien dengan tersedianya berbagai layanan fasilitas seperti  web,  chatting  (mIR  chat,  Yahoo  Masanger,  Gtalk,  dll), e-mail,  friendster,  facebook dan twitter. Begitu banyak fasilitas yang ditawarkan dalam dunia maya untuk melakukan komunikasi, dan  keberadaannya  semakin  membuat  manusia  tergantung pada  teknologi.  Ketergantungan tersebut  dapat  dilihat  pada  maraknya  penjualan  ponsel  dengan  harga  murah  dan  tawaran kelengkapan  fasilitas  untuk  mengakses  Internet.  Kegemaran  berkomunikasi  yang  bermedia Internet ini menimbulkan suatu komunitas baru yang disebut komunitas virtual.
Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring) 4.5 5 Jalaniajayuk Sabtu, 08 November 2014  Pengertian Komunikasi Dalam Jaringan (Daring)  Setelah  memahami  makna  komunikasi,  sampailah  kita  pada  Komunikasi  Daring.  Istilah...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.